Monitoring dan Evaluasi : Gawangi Proses e-Purchasing Sehat

08 Januari 2019 10:08

Menjaga proses bisnis yang sehat pada transaksi e-purchasing katalog elektronik menjadi salah satu tugas LKPP dalam sebuah implementasi kegiatan monitoring dan evaluasi. Tugas yang dijalankan ini berdasarkan Pasal 38 Peraturan LKPP Nomor 11 Tahun 2018, untuk bagaimana melakukan proses monitoring dan evaluasi terhadap penyelenggaraan katalog elektronik dan e-purchasing.

Pada kegiatan monitoring dan evaluasi kali ini dilakukan tim Pengelolaan Katalog yang berkunjung ke Kota Malang terhadap penyedia yang sudah berkontrak dengan LKPP untuk menjual barang/jasa yang ditawarkan melalui e-Katalog LKPP maupun Satuan Kerja (Satker) yang melakukan pembelian atau pengadaan barang atau jasa secara e-purchasing melalui e-katalog LKPP.

Lebih lanjut, Pengelolaan Katalog meninjau langsung lokasi yang dituju untuk memintai keterangan akan transaksi e-Purchasing, kinerja penyedia, pelaksanaan kontrak, hingga dokumen adminstrasi yang dimiliki oleh Satker saat pemesanan dilakukan dengan penyedia katalog elektronik.


Kunjungan yang dilakukan selama sepekan, dimanfaatkan dengan maksimal untuk menyambangi distributor untuk mengetahui tingkat kepatuhan penyedia kepada kebijakan katalog elektronik dan e-purchasing yang diberlakukan. 

Lebih lanjut menelusuri kegiatan Monev, tim Pengelolaan Katalog juga melakukan penelusuran ke sejumlah dinas yang mengadakan pengadaan perangkat komputer kepada penyedia katalog elektronik. Adapun beberapa dinas tersebut adalah Dinas Pendidikan Kota Malang, Dinas Kesehatan Kota Malang, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Malang.

Terakhir, setelah mendapatkan keterangan dari sejumlah pihak, kemudian sampel dokumen pesanan pengadaan perangkat komputer melalui e-purchasing dengan penyedia akan ditindaklanjuti sebagai laporan kegiatan monitoring dan evaluasi tim Pengelolaan Katalog. (Ai)