Agus Prabowo : Kementerian Perhubungan pengguna jasa e-katalog terbesar saat ini

04 Agustus 2015 10:49

Ungaran – Rabu (29/07) Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Agus Prabowo dalam kunjungannya saat peresmian perakitan 1000 bus rapid transit di Karoseri Laksana di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, menyampaikan bahwa Kementerian Perhubungan merupakan kementerian/lembaga yang memanfaatkan jasa e-katalog terbesar saat ini dengan pengadaan  1000 buah bus.

“Melalui pengadaan 1000 bus, Kemenhub merupakan kementerian/lembaga yang memanfaatkan jasa e-Katolog LKPP terbesar hingga saat ini.” Jelasnya

Agus juga menjelaskan saat ini LKPP telah menayangkan lebih dari 40.000 ribu Produk dalam sistem e-katalog dengan nilai transaksi lebih dari Rp 12 Triliun dan angka ini hamper melewati nilai transaksi di tahun 2014 yang sebesar Rp 15 Triliun.

Agus menambahkan, LKPP dalam proses pengadaan e-katalog adalah sebagai mediator. LKPP mempertemukan pihak pembeli dan penjual. Pihak pembeli, dalam hal ini Kemenhub, mengajukan spesifikasi detail produk yang diperlukan ke LKPP, Selanjutnya LKPP melakukan pengecekan barang, meninjau langsung pabrik atau perusahaan hingga menilai kewajaran harga dari para penyedia.

"Sebab kita harus teliti dalam menetukan harga, tidak boleh terlalu murah karena kualitasnya bisa turun atau terlalu mahal dan dikhawatirkan akan terjadi mark-up" kata Agus.

 

Sumber : www.lkpp.go.id