Katalog Berikan Pengenalan dan Bimbingan Teknis Kepada Pupuk Kaltim

03 Desember 2018 10:00

Direktur Pengembangan Sistem Katalog, Emin Adhy Muhaemin menerima kedatangan tim dari Pupuk Kaltim. Kedatangan pupuk Kaltim di Gedung LKPP pada (13/11) bertujuan untuk pengenalan akan penggunaan katalog elektronik untuk memenuhi kebutuhan pengadaan Pupuk Kaltim yang berkesinambungan.

Rencananya Pupuk Kaltim akan memanfaatkan Sistem Katalog Sektoral untuk memenuhi kebutuhan pengadaannya. Mengakomodasi kebutuhan Pupuk Kaltim, Direktorat Pengembangan Sistem Katalog mendukung rencana tersebut dengan memberikan pengenalan sekaligus bimbingan teknis guna mengoptimalkan informasi penggunaan katalog elektronik.

Pada tahapan pertama ini Direktur Pengembangan Sistem Katalog, memberikan gambaran umum akan konsep katalog elektronik yang memiliki landasan untuk memenuhi kebutuhan pengadaan instansi pemerintah dengan membagi katalog menjadi 3, yaitu : nasional, lokal, dan sektoral.

Melalui penyampaian secara garis besar, Emin menyampaikan konsep awal katalog dimana mengadopsi sistem transaksi pembelian di pasar.
“LKPP ingin memindahkan pasar ke dalam sistem, seperti yang diadopsi oleh katalog elektronik dimana dilakukan dengan cara negosiasi.”

Mengembangkan konsep yang ada katalog elektronik menggunakan konsep platform yang tersentralisasi dalam menjalankan proses bisnis para pelaku pengadaan. Dengan sistem terpusat seperti itu maka pengendalian dan pemantauan sistem transaksi pengadaan akan lebih terarah dan transaparan.



Emin juga menggarisbawahi, terpusatnya sistem katalog elektronik pada LKPP tentunya mengemban tugas dan tanggungjawab penuh akan 3 aspek. 

“Legilitas ijin penyedia, legalitas barang yang dijual, dan kewajaran harga. Sehingga pembeli merasakan kepraktisan akan pembelian dengan katalog elektronik.”

Masih dalam pembahasan yang sama, Kepala Seksi Riset Pasar dan Industri, Muhammad Harris membahas lebih dalam akan alur dari persiapan dan pengelolaan katalog sectoral atau lokal. Pemaparan yang disampaikan tidak terlepas agar tim Pupuk Kaltim memahami secara utuh bagaimana gambaran dari proses prakatalog hingga penayangan produk dan juga evaluasi dilakukan.  Pengenalan akan sistem katalog elektronik yang lebih jelas disampaikan melalui bimbingan teknis oleh Andri Priyo Utomo, Kepala seksi Pengendalian Pelaksanaan katalog dan staff IT, Hayu Wasna Sari.


Pada tahapan ini tim Pupuk Kaltim dibekali dengan pemahaman alur proses pembentukan katalog elektronik, dimulai dari usulan produk hingga penayangan dalam eKatalog, hingga kebijakan yang menggawangi proses e-purchasing.

Penjelasan yang berlangsung hingga sore tersebut, kemudian ditutup dengan pemaparan fitur - fitur aplikasi katalog elektronik, sehingga proses tahapan dari awal hingga akhir dapat dipahami alurnya dengan baik. (Ai)