Kota Mataram Bidik Katalog Lokal Untuk Percepatan Pembangunan Daerah

07 November 2018 09:39

Mataram - Kebutuhan akan pembangunan nasional saat ini menjadi fokus penting pemerintah agar bisa tersebar merata. Tidak hanya dikota-kota besar, akan tetapi pemerintah menginginkan pemerataan kesejahteraan yang dapat dirasakan oleh setiap masyarakat di berbagai wilayah Indonesia.

Guna mendukung percepatan pembangunan yang ada, melalui Peraturan Lembaga No 11 Tahun 2018 yang mengatur kewenangan pemerintah daerah dalam pelaksanaan katalog lokal, Kota Mataram berencana mengikuti kota-kota lainnya untuk mendukung program pemerintah melalui katalog lokal.

Dengan hadirnya tim LKPP tentunya bisa memberikan arahan dan meningkatkan pemahaman yang lebih jelas akan pelaksanaan katalog lokal. Undangan sosialisasi dari Sekretaris Daerah Kota Mataram dan dukungan Australian Embassy, memberikan kesempatan teruntuk SKPD dan penyedia lokal untuk memahami lebih dalam akan gambaran katalog elektronik dan implementasinya.

Lebih daripada itu, sosialisasi yang dihadiri juga oleh Kepala Biro Bina APP dan Layanan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah Setda Provinsi NTB, H. Swahip, MT., Kabid Bina Marga, Dinas PUPR Provinsi NTB, H. Sahdan, MT., Kepala Balai Jalan Provinsi NTB Wilayah Lombok, H. Syarifuddin, MT., dan penyedia katalog elektronik, membahas akan isu-isu teknis yang dikhawatirkan hingga detil kebutuhan pengadaan Provinsi Lombok, seperti pengembalian kondisi jalan umum dan pemeliharaan rutin infrastruktur.


Lihat juga : LKPP Jadikan Bimbingan Teknis Sebagai Media Pengembangan dan Pembinaan SDM Pengadaan
Pengembalian kondisi dijelaskan lebih lanjut adalah perbaikan jalan umum di berbagai wilayah Lombok dan Sumbawa, serta pemeliharaan rutin infrastruktur dan lalu lintas.
Pada diskusi tersebut, juga dirancang untuk rencana pelaksanaan pekerjaan dilakukan secara bertahap dan dibagi ke dalam beberapa zona, sehingga diharapkan setiap akhir tahun, seluruh zona dapat terselesaikan dengan baik.

Direktur Pengembangan Sistem Katalog, Emin, menggarisbawahi akan kebutuhan utama tersebut, dan menyebutkan jika kebutuhan yang akan tayang ke dalam katalog lokal nantinya adalah produk dan penyedia lokal, sehingga mampu menciptakan persaingan yang sehat diantara para UMKM.


Dengan begitu manfaat katalog lokal juga dapat dirasakan oleh para UMKM dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya melalui pemasaran produk lokal pada katalog elektronik.

Kegiatan lainnya, tim IT katalog elektronik LKPP yang diwakilkan oleh Dedi Riswanto, juga memberikan bimbingan teknis akan penggunaan aplikasi katalog lokal. Pada kesempatan itu, dedi, menerangkan perbedaan katalog nasional dan lokal dan pengenalan akan fitur-fitur katalog lokal seperti proses pra katalog. Agenda bimbingan teknis yang diberikan sebagai wujud pengenalan aplikasi bagi para penyedia dan SKPD dalam bersiap diri mencapai Kontrak Payung katalog lokal. (Ai)