Klarifikasi Penyedia Onlineshop Perangkat Komputer Dorong Kedisiplinan Penyedia e-Katalog

04 Juni 2018 13:18

sumber : www.wilhelmsen.com

Dalam mewujudkan keberhasilan katalog elektronik yang berkualitas bagi pengadaan barang dan jasa pemerintah, tim Pengelolaan Katalog terus berupaya meningkatkan pelaksanaan penertiban proses bisnis yang ada di dalam e-Katalog melalui pengawasan penggunaan kepada para penyedia.

Penertiban para penyedia katalog elektronik ini dimulai dengan tahapan pengecekan kepada sejumlah penyedia e-Katalog yang diduga melakukan pelanggaran dalam memanfaatkan sistem katalog elektronik LKPP. Berdasarkan dugaan dan bukti yang ada, LKPP kemudian memroses untuk dilakukan pemanggilan klarifikasi kepada penyedia yang ketahuan melakukan pelanggaran.

Seperti klarifikasi yang telah berlangsung pada bulan Mei lalu kepada tiga penyedia onlineshop perangkat komputer yang kedapatan melakukan pelanggaran. Dimana pelanggaran terjadi terhadap penayangan produk yang tidak sesuai dengan kategori, penayangan produk tidak tercantum dalam SK Penetapan, hingga ketidaksesuaian pencantuman kontak perusahaan pada katalog elektronik.

Pemanggilan ini guna mendapatkan jawaban klarifikasi yang bisa dipertanggungjawabkan penyedia dan sebagai dasar dari tindak lanjut pengambilan keputusan selanjutnya yang dituangkan dalam Berita Acara Klarifikasi Penyedia oleh tim Pengelolaan Katalog.



Lihat juga : LKPP Berikan Teguran Kepada Penyedia Komoditas Obat

Termasuk klarifikasi saat itu kepada tiga penyedia yang telah diberikan surat teguran dan penurunan penayangan terhadap produk yang tidak sesuai. Surat teguran yang diberikan dapat berujung dengan pemberian sanksi oleh LKPP jika terjadi pengulangan kesalahan oleh penyedia.

Dengan dilaksanakannya klarifikasi ini tentunya mendorong ketaatan dan kedisplinan para penyedia terhadap aturan yang diterapkan LKPP guna mencapai persaingan bisnis yang sehat pada katalog elektronik.