LKPP Proaktif Berikan Bimbingan Teknis Kepada Penyedia Katalog

30 Mei 2018 15:08

Direktorat Pengembangan Sistem Katalog menggelar bimbingan teknis yang rutin dilaksanakan setiap Senin. Bimbingan teknis terakhir pada Senin lalu (28/05) yang dihadiri oleh 18 penyedia katalog, sekaligus menutup rangkaian kegiatan yang telah digelar sejak April lalu.

Hadir sebagai narasumber pada sesi pertama oleh Meleis Susanti selaku Perancang Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa, menyampaikan materi kebijakan terkait proses pengadaan barang atau jasa pemerintah.

Para penyedia yang  datang dari berbagai daerah tidak hanya mendapatkan materi pemaparan akan aturan pengadaan barang atau jasa, tetapi bisa juga langsung berdiskusi mengenai aturan e-Purchasing dan pelaksanaan e-Purchasing baik melalui negosiasi harga maupun tanpa negosiasi.

Pemaparan ini dijelaskan dengan detil tidak hanya dari alur sebagai penyedia, akan tetapi juga sebagai Pejabat Pengadaan (PP) maupun Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Hal ini menjadi perhatian Tim Pengelolaan Katalog, agar setiap pengguna sistem e-Katalog dapat memahami seluruh prosesnya secara lengkap, termasuk para penyedia katalog.

Lebih lanjut, dalam kesempatan sesi pertama yang berlangsung dua jam itu juga turut digambarkan dari tahapan proses katalog elektronik yang diberlakukan oleh LKPP selama proses pengajuan usulan, penayangan, perpanjangan, ataupun perubahan produk jika ingin dilakukan oleh penyedia.

Pada sesi terakhir penyedia dibekali cara penggunaan katalog elektronik dengan langsung melakukan simulasi penggunaan katalog elektronik yang didampingi staff IT, Ishmahani. Dengan begitu, kendala teknis yang menjadi isu para penyedia dapat terjawab dengan simulasi yang dilaksanakan oleh masing-masing penyedia.