LKPP Laksanakan Proses Evaluasi Klarifikasi dan Evaluasi Administrasi Serta Pembuktian Kualifikasi Alat Kesehatan 2018

28 Mei 2018 16:04

Jakarta – Sejak 1 Mei LKPP melalui tim Subdirektorat Riset dan Kontrak bersama Kelompok Kerja (Pokja) Alat Kesehatan 2018, menggelar proses evaluasi klarifikasi dan evaluasi administrasi serta pembuktian kualifikasi alat kesehatan 2018.

Dimana setelah sebelumnya tahapan pemasukan dokumen penawaran telah dilakukan pada 10 – 30 April 2018 di Gedung LKPP. Dari dokumen penawaran yang diberikan, terpantau 432 jumlah penyedia yang telah mendaftar.

Pada tahapan proses awal ini, tim Pokja memverifikasi dokumen penawaran penyedia yang telah dipersyaratkan sebelumnya pada website LKPP. Melalui evaluasi sekaligus pembuktian kualifikasi, maka para penyedia diwajibkan untuk dapat menunjukan dokumen asli dari dokumen penawaran yang disampaikan.

Kegiatan yang akan berlangsung hingga 25 Juni mendatang memberlakukan sistem gugur kepada para penyedia alat kesehatan. Dengan proses evaluasi klarifikasi dan evaluasi administrasi serta pembuktian kualifikasi yang dilakukan tiap harinya, tim pokja akan langsung mengeluarkan Surat Berita Acara yang menjadi hasil penentu pada tahapan ini, sehingga penyedia bisa langsung mengetahui lulus atau tidaknya untuk mengikuti tahapan berikutnya.


Lihat juga : Kementerian Kesehatan Mulai Bersiap Memegang Kendali Katalog Sektoral Alkes Dan Obat

Sebagai proses pengadaan Alat Kesehatan yang sudah sering dilaksanakan LKPP Bersama Kementerian Kesehatan, tahun 2018 akan menjadi tahun terakhir bagi LKPP dalam mengemban proses pengadaan alat kesehatan. Hal ini sebagaimana kesepakatan dari hasil pertemuan Kepala LKPP, Deputi Bidang Pencegahan KPK, serta Menteri Kesehatan, pada 20 April 2018 lalu.

Pertemuan tersebut telah menyetujui jika tahun 2019 mendatang pengadaan alat kesehatan akan masuk ke dalam Katalog Sektoral, sehingga proses pra-katalog seperti saat ini akan sepenuhnya diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan.

Sebagai dukungan akan terselenggaranya katalog sektoral, LKPP dan KPK akan bersama-sama menjadi mitra strategis dalam proses keberlanjutan pengadaan alat kesehatan.